5 Macam Menu Diet Serba Sayur

piramidamakanan

1. Grilled Asparagus :

– 250 gr asparagus segar
– 1 sdt minyak zaitun extra virgin
– Ground black pepper segar
– 1 sdt parsley segar yang dicincang halus

Taruh asparagus di piring, perciki dengan minyak zaitun, dan bubuhi merica untuk menambah rasa. Guling-gulingkan asparagus,  agar setiap batangnya terlapisi oleh minyak. Taruh di atas ridge grill yang sangat panas atau broiler, dan masak sampai  batangnya menjadi cokelat. Balik dan masak sisi yang lain. Pindahkan ke piring saji dan beri parsley untuk garnish-nya. Untuk 2 porsi.
Catatan: Asparagus sisa yang dingin baik digunakan untuk salad.

2. Sauteed Zucchini atau Summer Squash :

– 2 siung bawang putih, potong
– 2 sdt minyak zaitun extravirgin
– 2 zucchini sedang, iris panjang-panjang
– 1 sdm dill segar

Pada pan ukuran 20 cm, tumis bawang putih dengan minyak zaitun dalam panas sedang. Tambahkan irisan zucchini dan goyang- goyangkan pan sampai minyak dan bawang putih menutupi zucchini. Tambahkan dill segar, kurangi panasnya, dan tutup pan  beberapa menit, sampai masakan matang. Untuk 3 porsi.

3. Oven-Roasted Brussels Sprouts dengan Apel :

– 600 ml brussels sprouts, bersihkan
– 1 apel, kupas, buang bagian tengahnya, dan potong menjadi 8
– 1 sdt minyak zaitun extra virgin

Panaskan dulu oven sampai 191°C. Dalam mangkuk besar, goyang-goyangkan brussels sprouts, apel, dan minyak zaitun bersama- sama. Alasi cookie sheet dengan aluminium foil. Taburkan campuran apel-brussels sprouts secara merata. Panggang tanpa ditutup  selama 2 menit. Untuk 2 porsi.

4. Oven-Roasted Cauliflower :

– 1 bongkol kembang kol, pisahkan
– 1 sdt minyak zaitun extra virgin
– 1 sdm parsley segar cincang halus

Panaskan dulu oven sampai 191 C. Dalam mangkuk, goyang-goyangkan kembang kol dalam minyak zaitun. Alasi cookie sheet dengan  aluminium foil. Taburkan kembang kol secara merata di atasnya. Panggang selama 15 menit. Balik kembang kol dan masak lagi  selama 15 menit. Untuk 4 porsi.

5. Roasted Eggplant :

– 3 terong ungu
– 2 sdt minyak zaitun extra virgin
– Ground black pepper
– 3 siung bawang putih
– 2 tomat plum segar, cincang; atau 1 tomat plum cincang kaleng
– 1 sdm keju Parmesan parut
– 1 sdm oregano kering

Panaskan dulu oven sampai 191″C. Potong ujung akar terong. Iris menjadi seukuran 5 cm dan taruh di piring casserole. Perciki  dengan minyak zaitun dan taburi dcngan ground black pepper segar. Potong setiap siung bawang putih menjadi separuh dan  selipkan di antara terong. Lapisi bagian atas terong dan bawang putih dengan tomat. Taburi dengan keju. Panggang selama 15  menit. Balik dan masak lagi selama 15 menit. Taburi dengan oregano. Untuk 2 porsi.

6. Sauteed Spinach :

– 5000 gr bayam segar
– 1 sdm minyak zaitun extra virgin
– 1 siung bawang putih, potong halus atau tekan-tekan dengan garlic press
– Perasan 1/2 lemon segar
– Red pepper flakes (pilihan)

Cuci daun bayam secara menyeluruh. Buang akarnya. Panaskan minyak dalam pan untuk menumis.Tambahkan bawang putih dan masak  dengan cepat. Goyang-goyangkan bayam dalam campuran minyak zaitun-bawang putih, tutup, dan masak sampai layu (hanya 1-2 menit). Angkat dari kompor, taruh di piring saji, dan perciki dengan perasan lemon segar. Perciki dengan red pepper flakes  (kalau mau). Untuk 4 porsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s