Jenis Makanan Sehat Wanita Paruh Baya

Makanan sehat Wanita paruh baya

Pada usia wanita paruh baya kita justru harus lebih selektif dan hati-hati. Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita paruh baya :


1. Beras merah

Beras merah mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh. Satu cangkir beras merah saja sudah dapat memenuhi kebutuhan 88% mangan. Mangan adalah sejenis mineral yang berfungsi untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi.

2. Telur
Berdasarkan Biological and Pharmaceutical Bulletin, protein yang terdapat dalam kuning telur dapat memperlambat pembentukan fibrinogen dalam darah. Fibrinogen adalah protein dalam darah yang akan diubah menjadi fibrin. Fibrin berfungsi dalam pembekuan darah. Sementara itu, darah yang membeku dalam aliran darah inilah yang dap menimbulkan stroke dan serangan jantung. Jadi, telur ini berfungsi melindungi pembuluh darah dan jantung. Tapi, hal penting yang harus diingat, konsumsi telur tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.
3. Ikan
Sejak dulu, ikan sudah terkenal dengan kandungan Omega 3 yang sangat diperlukan oleh tubuh dan perkembangan otak pada anak-anak. Ternyata, tidak hanya anak-anak saja yang dianjurkan untuk mengonsumsi ikan. Wanita paruh baya juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi ikan karena asam lemak Omega 3-nya berfungsi sebagai zat anti pembengkakan. Omega 3 sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan terhadap nyeri persendian yang sering mendera wanita di usia 40 tahun ke atas.
Beruntung kita tinggal di Indonesia yang menghasilkan ikan berlimpah. Ikan bisa didapat dengan mudah dan murah di hampir seluruh daerah di Indonesia. Berbagai jenis ikan juga dapat diolah dengan beragam variasi masakan. Jadi, jenis makanan yang menyehatkan ini tidak akan menjadi menu yang membosankan.
 
4. Yoghurt
Terdapat banyak bakteri baik di dalam yoghurt yang berfungsi untuk membantu dan memperlancar pencernaan. Ini membantu wanita paruh baya menghilangkan sembelit yang sering menyerang karena sistem ekskresi yang tidak lancar.

5. Sayuran dan buah
Kedua jenis bahan makanan utama ini pasti dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran dan buah-buahan sangat bagus untuk wanita paruh baya. Serat dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan membantu melancarkan metabolisme tubuh dan memberikan asupan vitamin secara alami. Misalnya bayam. Lutein, sejenis karotenoid, yang terkandung pada bayam sangat berguna untuk mencegah terjadinya katarak yang mengganggu penglihatan. Hasil penelitian dari Harvard Medical School menyatakan bahwa wanita pengkonsumsi lutein, minimal dua kali seminggu memiliki sedikit risiko terkena katarak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s